Wednesday, 17 July 2019
halomalang.com

​"Social Boogie" Menengok Kembali Budaya Rockabilly ala Social of Society

"Bertandang kembali ke tahun 50-an. Di saat dering telepon kekasih menjadi sarapan pagi yang sangat mewah. Beralaskan sepatu suede hitam dengan motor "kustom" menyusuri aspal baru seakan Elvis dan Priscilla Presley."

"Social Boogie" - Peluncuran Musik Video & Merchandise oleh Social Of Society akan dirayakan pada 25 Maret 2018 di La Viola Cafe MOG.

Demikian scene awal video musik pertama band 'sembarangan' besutan distrik #TheRasanRasanBilly ini dimulai. Ada sekumpulan gangster kambuhan, nona-nona cantik ala pinup girls, custom culture, barbershop kelas pekerja, tukang poles sepatu, sampai boogie-woogie tentunya.

Semua diracik apik sebagai visualisasi runtut untuk mengimajiner pengaruh kental Eddie Cochran dan 'Tuhan'-yang-tidak-immortal Elvis Presley- di lagu ini.

"Social Boogie" telah melewati proses panjang ditempa, diacuhkan, dikagumi, didewa-dewakan, sampai berujung candu melalui tur 20 gigs se-pulau Jawa dan Bali. Rancangan perkumpulan Rocknroll Forum dengan desain #KOMPILATOUR mereka.

Lagu ini telah dimainkan di bar mewah sekelas Sunny (Canggu, Bali), resto Papa-Mama Legend (Yogyakarta), di kedai kopi sempit seperti Semeru Art Gallery (malang), sampai point of view pergerakan undergound nasional, bar pinggiran paling bergengsi entah dirimu punkrockers atau hippies, Twice Bar (Kuta Rock City).

Video musik ber-setting tepatnya tahun 1959 ini mengandung esensi utama budaya rockabilly yang kini semakin baur dipahami muda-mudi dalam negeri. Pengaruh jahat poser dan imitator yang menjadikan fashion sebagai tombak utama berdagang gaya, membikin intisari dari rockabilly kabur dan menempatkannya sebagai sub-culture dari budaya rock n'roll yang padahal lahir darinya.

Di Malang, sudah hampir punah unit-unit yang memainkan musik ini secara khusus. Di samping mungkin karena kesulitan operasional transportasi atau strategi penyimpanan contra-bass-dikarenakan tipikal kawan-kawan kita yang serba instant di zaman sekarang.

Tren musik yang terdengar sangat klasik ini bisa jadi kalah dilindas oleh meroketnya penjualan pomade, workshirt, atau vantopel untuk konsumsi musisi punkrock atau yang lainnya.

Kami, Social of Society mengundang semua pemerhati budaya dan atau khususnya musik di lini apa saja- untuk terlibat dalam screening video musik perdana kami yang akan sangat memorable bagi perjalanan band ini di masa depan. Kami membuka tangan lebar-lebar untuk segala kritik, saran, atau apapun saja yang bermuatan positif demi langkah ke depan yang lebih flamboyan rocakbilly Kota Malang dan skala nasional secara umum.

25 Maret di La Viola Cafe, parkir Timur Mall Olympic Garden, 16.00 WIB - Selesai.

"Social Boogie" A film by Ahmad Djamal in association with Bigwoods Rookie & Poison Wearhouse.

[Social of Society]



BACA JUGA