Thursday, 21 March 2019
halomalang.com

​Yuk! Nonton Teater di Bioskop Misbar Legendaris Kota Malang

Kalau biasanya anda nonton pertunjukan teater di ruangan indoor, kali ini Teater Sinden bakalan mentas di panggung outdoor. Yang lebih menarik lagi, salah satu areal gedung bekas bioskop legendaris Kota Malang ,yakni Bioskop Kelud bakal disulap jadi panggung pertunjukan yang ciamik (10/03).

Ilustrasi. Gedung eks Bioskop Kelud di Jl. Kelud 9, Klojen Kota Malang kini tampak tak terurus. Dulunya adalah bioskop misbar (gerimis bubar) yang legendaris. Karena lokasinya unik, sejumlah event pernah digelar di lokasi ini. (Foto: W. Arief/Halomalang)

Sekian lama eksis dalam dunia hiburan selama kurun 25 tahun, Lembaga Semi Otonom (LSO) Teater Sinden Universitas Muhammadiyah Malang kembali memunculkan inovasi segar dalam jagat seni pertunjukan kampus di awal tahun 2018 ini.

Kalau biasanya anda nonton pertunjukan teater di ruangan indoor, kali ini Teater Sinden bakalan mentas di panggung outdoor. Yang lebih menarik lagi, salah satu areal gedung bekas bioskop legendaris Kota Malang ,yakni Bioskop Kelud bakal disulap jadi panggung pertunjukan yang ciamik oleh kawan-kawan Sinden.

Konsep pertunjukan dengan memanfaatkan lahan ruang publik legendaris warga Malang ini cukup menarik. Hal ini sekaligus menjadi sampaian aspirasi terhadap keberadaan kawasan heritage atau cagar budaya yang ada di Kota Malang yang kondisinya kian memprihatinkan. Seperti nasib bioskop Merdeka di kawasan Kayutangan yang kini telah dirobohkan karena sengketa kepemilikan.

Berangkat dari keresahan itulah, kami merasa harus ada sesuatu yang merangsang kesadaran pemuda-pemudi jaman now untuk kembali mengisi ruang yang telah lama tak difungsikan kembali menjadi ruang publik sebagaimana awal mula. Tak hanya itu, kami juga ingin kembali memperkenalkan seni teater yang juga memiliki benang merah dengan ihwal perfilman.

Kali ini, Teater Sinden akan membawakan naskah "Pesta Para Pencuri" karya Jean Annoulih yang disadur dan diadaptasi ke dalam bahasa ibu oleh Asrul Sani. Tak seperti biasanya, pertunjukan kali ini dikemas dalam rupa (Urban Culture). Dengan warna-warna dan konsep setting keseluruhan urban. Bagi yang suka berselfie gedung eks Kelud akan disulap menjadi tempat yang sangat pas untuk berselfie ria.

Selain itu, dalam pementasan ini juga melibatkan kerja kolaboratif bersama unit pekerja kreatif lain seperti IKABAMA di sektor tata musik, LENTERA soal urusan tata panggung, dan juga Sanggar Sanksekerta dalam tata gerak.

Ditambah dengan konten-konten menarik seperti Movie Corner, Book Corner, Coffee Corner, Food Truck, Fun Games Area, Mural, Pameran Foto, Social Charity, Secondstuff, Handcraft dan masih banyak lagi. Seperti acara musik tapi bukan, ini adalah sebuah pertunjukan teater. Penasaran kan seperti apa "Sinden Youth Carnival".

IYA, BESOK BANGET! . Saksikan acara teater paling spektakuler di Kota Malang! . Cuma dengan Rp. 5000,- kamu sudah dapat tiket masuk juga voucher yang bisa dipakai ke hampir semua booth yang ada di acara Sinden Youth Carnival! . Sabtu, 10 Maret 2018 Gedung Ex-Bioskop Kelud, Kota Malang Open gate: 17.00 WIB . Boleh banget kalau mau ajak semua temenmu, sahabatmu, pacarmu, gebetanmu, mantanmu, saudaramu atau keluargamu untuk datang ke acara ini, karena pastinya bakal seru banget! Ada makanan, minuman, games, live mural, live music, charity, dan tentunya penampilan teater "Carnival Thieves" yang akan membuatmu terhanyut, seakan berada dalam cerita! . Jadi, tunggu apa lagi? Datang dan meriahkan Sinden Youth Carnival ya, see you tomorrow! 😎 . #SindenYouthCarnival #TeaterSinden #eventmalang #acaramalang #event #acara #acaramahasiswa #comingsoon #teatermalang #acarateater #infoteater #infomalang #malangupdate #ummstory64 #ummcampus
A post shared by TEATER SINDEN UMM (@teatersindenumm) on

Sinopsis Pesta Para Pencuri.

Dalam sebuah karnaval meriah seorang perempuan paruh baya kesal setengah mati dengan keadaan sekitar yang senantiasa memanfaatkan keponakannya untuk mendapatkan kekayaannya seemata, mengungkapkan sebuah ide gila untuk menemukan kesenangannya sendiri.

Tanpa berfikir panjang perempuan paruh baya tersebut mengundang pencuri sesungguhnya untuk melayangkan rencana-rencana gila untuk melindungi keluarga dan kekayaannya. Tanpa ada yang menyadari bahwa itu semua adalah sebuah rencana perempuan paruh baya dari awal, para pencuri yang konyol terperangkap dengan sebuah keluarga baru dan para perebut harta yang baru.

Hingga pada suatu hari kedok para pencuri terbongkar dan menimbulkan beberapa konflik dimana didalam konflik tersebut menghadiahkan sebuah kesenangan yang begitu konyol untuk menyingkirkan pemburu harta.

Sinden Youth Carnival "Pesta Para Pencuri"

10 Maret 2018 Pukul 19.00 WIB
Gedung eks Bioskop Kelud, Klojen, Malang

Naskah : Jean Annoulih
Adaptasi : Asrul Sani
Sutradara : Anas Prayogo

Artistik:
Sutradara : Anas Prayogo
Pemain : Putri, Reiza, Omesh, Velin, Aden, Hakim, Fendi, Rachmat dan Rizza
Panggung : Veiza
Cahaya : Pungky
Musik : Saprol
Tata Rias dan Kostum : Hennesy

[Sinden Youth Carnival]



BACA JUGA