Sunday, 23 September 2018
halomalang.com

4 Fakta Pelatih Anyar Arema FC Asal Slovenia, Milan Petrovic

Petrovic Milan, pelatih asal Serbia yang akan bekerjasama bersama Joko Susilo meracik Singo Edan

Milan Petrovic bersama punggawa Arema (aremafcofficial)

Pihak manajemen Arema FC akhirnya mengungkapkan sosok pelatih anyar yang akan siap menggantikan posisi Joko Susilo untuk sementara. Pelatih anyar asal Slovenia tersebut adalah Milan Petrovic. Petrovic akan mendampingi kepelatihan Joko, Ngalamers.

Joko dipastikan bakal absen sementara membesut Arema usai memutuskan untuk ikut dalam program kepelatihan AFC Pro. Itu kenapa Arema pun tak main-main mencari pengganti sementara pemegang kursi kepelatihan Arema nanti.

Namun di balik itu semua, sosok Petrovic sendiri rupanya menyimpan sederet fakta yang cukup mengejutkan selama kiprahnya di dunia sepakbola.

1. Jadi Pelatih Sejak 1996

Asisten pelatih baru Arema FC, Milan Petrovic saat diperkenalkan. Petrovic punya catatan karier kepelatihan yang cukup panjang di ranah sepakbola Slovenia. Ia memulai pekerjaannya sebagai pelatih sejak tahun 1996 silam.

Klub pertama yang ia gawangi adalah Studio D, Novo mesto, yang kala itu berkiprah di liga divisi 1 Slovenia. Ia tak hanya menjadi pelatih kepala di klub tersebut, namun juga di klub bernama Elan.

2. Penggawa Klub Serbia dan Slovenia

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia kepelatihan, Petrovic rupanya sudah punya kiprah yang cukup panjang di lapangan hijau sebagai seorang pemain. Galenika Zemun menjadi klub Serbia pertama yang ia bela pada tahun 1985 hingga 1987, sebelum akhirnya memilih hengkang ke Novi Pazar.

Petorvic pun akhirnya bergabung dengan klub asal Slovenia, Olimpija, pada 1988 hingga 1991. Klub terakhir yang ia bela adalan Studio D, Novo Mesto.

3. Lisensi UEFA Pro

Sebagai pelatih, Petrovic rupanya telah meraih lisensi UEFA Pro. Hal tersebut tentu saja menjadi salah satu pertimbangan yang diperhatikan oleh Arema sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Lisensi UEFA Pro sendiri merupakan sertifikat kepelatihan yang dimandatkan oleh UEFA sebagai badan resmi sepakbola Eropa. Dengan begitu, diharapkan mungkin Arema akan mampu mencapai tingkat penampilan setara klub Eropa.

4. Besut Timnas Slovenia U-19

Milan Petrovic sebelumnya menjabat sebagai manajer tim di Timnas Slovenia U-20 dan beberapa kali menjabat sebagai head coach di tim kontestan Liga Utama Slovenia.

Hal ini menjadi bukti bahwa Arema FC tak mau tanggung-tanggung dalam mem-branding tim dalam kompetisi musim ini. Pos asisten pelatih kini bertambah menjadi enam orang dalam staf kepelatihan yang dipimpin Joko Susilo.

Sumber indosport



BACA JUGA