Saturday, 19 October 2019
halomalang.com

Kolaborasi Mbatik-Jazz Gamelan Orchestra di Malang City Expo 2018

Fashion adalah subsektor kreatif yang mampu memberi kontribusi dalam ekonomi nasional. Kontribusinya jauh mengungguli kontribusi industri kecil, baik dalam mendatangkan tenaga kerja (54.3%), jumlah pekerjaan maupun nilai eksportnya.

Fashion Fuison Mbatik & Music Festival di hari pertama Malang City Expo 2018 di area luar Stadion Gajayana. Rabu, 11/04/2018 (Foto: W.Arief/Halomalang)

Pameran nasional Malang City Expo 2018 resmi dibuka pada Rabu, 11/04/2018 di area luar Stadion Gajayana Malang. Hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, di expo kali ini tersaji ratusan booth dengan aneka produk unggulan mereka. Dari infrastuktur, bisnis dan jasa, pendidikan, produk desa, pariwisata, kesehatan, festival kuliner hingga gelar seni dan budaya.

Rangkaian kegiatan merayakan HUT ke-104 Kota Malang ini akan tersaji hingga Minggu, 14 April 2018 mendatang Ngalamers.

"Ajang Malang City Expo bertujuan untuk mengembangkan industi UMKM agar menjadi lebih baik. Salah satunya adalah gelaran Fashion Fusion kali ini. Batik dan musik, kolaborasi. Ada kreativitas anak-anak muda yang mendukung industri kreatif di Kota Malang," terang Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang Tri Widyani.

Fashion Fusion Mbatik & Music Festival kali ini diinisiasi oleh AntiQue House of Batik & Kebaya. Event ini sekaligus menjadi grand Final Putra Putri Batik 2018. Beberapa nama dalam kolaborasi: Febby AntiQ (Designer Antique Batik), Noerman & Fusion Ethnic Project (Jazz Gamelan), Totoet Violin (Malang String Sommunity), Sandhidea Cahyo Narpati (Ngalambeksa Community), Ini Vindy (Tukang Rias Ajaib), dan Fragmen Anoman Obong.

"Fashion adalah subsektor kreatif yang mampu memberi kontribusi dalam ekonomi nasional. Kontribusinya jauh mengungguli kontribusi industri kecil, baik dalam mendatangkan tenaga kerja (54.3%), jumlah pekerjaan maupun nilai eksportnya. Pendapatan dari subsektor fashion mencapai 44.3 % dari total kontribusi industri kreatif," ujar Ktua Tim Penggerak PKK Kota Malang Astried Wahid Wahyudi.

Tampak hadir di antara tamu undangan adalah Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono. Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah juga membuka booth aneka kerajinan khas mereka di Malang City Expo 2018.

[WA]



BACA JUGA