halomalang.com

​Songgokerto Peduli: Dekatkan Diri Dengan Masyarakat, Sekaligus Lestarikan Budaya

Satu poin utama di sesi ini adalah launching Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat (SIMPELMAS). "Ini adalah fasilitas dari Kelurahan Songgokerto untuk peningkatan pelayanan masyarakat, utamanya administrasi kependudukan dan surat menyurat yang berbasis online," terang Sasongko, Lurah Songgokerto.

Festival Songgokerto digelar untuk kali pertama. Masyarakat setempat memiliki peran serta cukup dominan, dimotori para karang tarunanya. Sabtu, 07/04/2018 (Foto: W. Arief/Halomalang).

Untuk kali pertama Kelurahan Songgokerto, Kota Wisata Batu menggelar festival yang menampilkan ragam potensi keunggulan warga mereka sendiri. Festival Songgokerto berlangsung satu hari, Sabtu (07/04/2018) sejak 06.00 - 23.00 WIB.

"Tema We Care atau Songgokerto Peduli kami tekankan untuk lebih mendekatkan diri pada masyarakat. Mulai dari kegiatan lomba, senam pagi, yel-yel lansia, lomba cipta menu, mewarnai untuk TK juga pasar kuliner murah dari warga sekitar. Di sini juga dibuka loket pembayaran PBB dan pelayanan kesehatan gratis," ujar Ulul Azmi, Ketua Pelaksana Festival Songgokerto 2018.

Di bagian seni dan budaya pun tak ditinggalkan Ngalamers. Panitia juga mengadakan lomba kesenian Sanduk yang diikuti beberapa RT di Kelurahan Songgokerto. "Meski di sini tak banyak warga Madura (asal kesenian Sanduk), tapi warga sangat antusias. Lagu pengiringnya pun dengan lirik Jawa," sambungnya.

Usai pementasan Tari Sanduk, kreasi kuliner 9 RW diuji dalam lomba cipta menu. Peraturannya unik. Tiap tim diwakili 3 orang, disiapkan waktu sekitar 45 menit, 5 menit untuk memilih aneka bahan yang telah disiapkan panitia dengan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sekali bahan diambil, tak boleh dikembalikan. Satu bahan dasar yang sama adalah Ubi Ungu dan tanpa MSG.

Satu yang menarik perhatian adalah peserta dari RW 6. Satu-satunya tim dengan peserta kaum pria: Basuki, Siswanto, Ariel. Ketiganya adalah bapak-bapak dengan basic pekerjaan di luar memasak. Basuki dengan perkerjaan serabutan, Siswato seorang engineer, dan Ariel pembuat tusuk sate.

Dengan cekatan, 20 aneka jenis bahan diolah menjadi sebuah resep: Omelet Jamur Fresh Dressing Vegetable and Sambel Matah. Nama yang cukup panjang. Juri pun mengapresiasi rasa maupun kreasi plating yang unik. "Ini akan lebih enak kalau dibakar dengan kompor atau panggangan berbahan arang batok kelapa," ujar Basuki.

A post shared by halomalang.com (@halomalangcom) on

"Dari sembilan RW peserta, tak satupun yang memiliki kesamaan menu. Ini menunjukkan kreatifitas yang luar biasa. Dari rasa semuanya oke, tapi karena ini lomba, faktor keindahan sajian, dan porsi harus lebih diperhatikan. Termasuk proses higienis saat memasak," ujar Dodik Suprapto, Food Enthusiast KWB yang menjadi salah satu juri.

Kegiatan menarik dilanjutkan di malam hari festival. Tampak hadir bersama ratusan masyarakat, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Drs.Imam Suryono, MM, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Drs. Siswanto, MM, Forkopimda, Camat Batu, Kapolsek Batu, Lurah Songgokerto, beberapa Lurah dan Kades yang ada di Kota Batu,dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Songgokerto.

Diawali dengan pawai tumpeng aneka jajanan pasar, yang dilanjutkan kesenian nusantara dari YPPI Kota Wisata Batu. Satu poin utama di sesi ini adalah launching Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat (SIMPELMAS).

A post shared by Dinas Pariwisata Kota Batu (@disparta_batu) on

"Ini adalah fasilitas dari Kelurahan Songgokerto untuk peningkatan pelayanan masyarakat, utamanya administrasi kependudukan dan surat menyurat yang berbasis online," terang Sasongko, Lurah Songgokerto.

Dengan SIMPELMAS ini, warga Songgokerto cuku mengunjungi portal songgokerto.batukota.go.id dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan sebagai kode login.

Imam Suryono, Kepala Disparta (plt) KWB mengapresiasi Festival Songgokerto ini Ngalamers. Menurutnya, ini sejalan dengan visi Kota Wisata Batu "Desa Berdaya, Kota Berjaya". Terlebih di kawasan Songgokerto juga memiliki spot wisata maupun fasilitas pendukung yang sudah berjalan dengan baik.

[WA]



BACA JUGA