halomalang.com

Bertus, Badak India Menambah Koleksi Jatim Park

23-Jun-2018 [09:00]
Bertus, melakukan perjalanan hampir 48 jam untuk sampai di Jatim Park, dimulai dengan perjalanan darat dari Edinburgh Zoo, Scotlandia.

Bertus, Badak India Penghuni Baru Batu Secret Zoo. (Foto: Arinta Widyaloka/Halomalang)

Jawa Timur Park (Jatim Park) sangat senang dan bangga dengan kedatangan Badak India di Lembaga Konservasi Jatim Park pada tanggal 18 Mei 2018 yang lalu. Badak India tersebut baru pertama kali di Indonesia dan hanya ada di Batu Secret Zoo, Jatim Park. Kedatangan badak India merupakan keberhasilan besar bagi Jatim Park dalam mendapatkan kepercayaan dariEAZA (European Association Zoo & Aquaria) yang merupakan assosiasi kebun binatang terbesar di dunia. Dalam hal ini, Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang pertama dari Indonesia yang secara resmi dapat berpartisipasi dalam program breeding internasional untuk konservasi badak dunia khususnya badak India yang dipromotori oleh EEP (European Endangered Species Programmes).

Titik S. Ariyanto, selaku Public Relations & Marketing Manager of JatimPark Group menceritakan, “Jatim Park mulai melakukan negosiasi untuk mendapatkan kepercayaan tersebut pada tahun 2015. Kemudian Jatim Park mulai membangun kandang dan exhibit Badak India menggunakan standard Eropa di lahan seluas ±7500 m2. Pada luas lahan tersebut, kami membangun kandang kontrol untuk malam hari seluas 150 m2, kandang pedok seluas 300 m2, dan sisanya merupakan kandang exhibit yang terdapat kolam air dan kolam lumpur. Dalam exhibit ini, kami juga akan menambahkan satwa lain yang berasal dari india yaitu black buck, nilgai, dan rusa tutul”.

Pendatang baru Badak India telah melakukan perjalanan yang sangat pajang selama hampir 48 jam dimulai dengan perjalanan darat dari Edinburgh Zoo, Scotlandia ke bandara Luxembourgh, Belgia, kemudian diangkut dengan pesawat khusus cargo dari Luxembourgh ke bandara Juanda di Surabaya dan langsung menuju ke Batu Secret Zoo. Kepala keeper dari Edinburg Zoo dan staff dari Jatim Park mengawal transportasi badak India tersebut.

Badak India yang menjadi penghuni baru Batu Secret Zoo diberi nama Bertus, berjenis kelamin jantan. Bertus lahir di Rotterdam zoo, Belanda pada tanggal 13 Juli 2008, kemudian dikirim ke Edinburgh zoo pada tahun 2010.Ketika memasuki usia dewasa kelamin, Bertus dipindah ke Batu Secret Zoo, Indonesia. Populasi Badak India di Eropa terdapat 60 ekor yang tersebar di 20 kebun binatang. Di Amerika, populasi badak India ada 50 ekor yang tersebar di 20 kebun binatang. Sedangkan di Asia sendiri (kecuali India dan Nepal) hanya beberapa kebun binatang yang memiliki koleksi badak India diantaranya Chiang Mai Zoo di Thailand, Singapore Zoo, Tokyo Zoo di Jepang , dan Batu Secret Zoo Indonesia.

Badak India merupakan badak bercula satu terbesar di dunia, dengan tinggi badan mencapai 2 meter dan berat badan antara 2800-3000 kg. Persebaran badak ini biasa ditemukan di India bagian utara seperti Nepal dan Bangladesh. Badak India berhabitat di padang rumput terbuka dekat dengan sungai. Pada awal abad ke 20 populasi badak India hanya tinggal 200 ekor akibat perburuan liar sehingga populasinya hampir punah. Dan karena usaha program konservasi badak, sekarang jumlah badak India semakin meningkat mencapai kurang lebih 3500 ekor.



Jatim Park sudah berusaha keras dalam mendapatkan kepercayaan untuk mendatangkan Badak India ke Indonesia. Badak India ini tidak hanya untuk koleksi di kebun binatang kami, tapi juga untuk sarana edukasi tentang satwa badak, khususnya badak Jawa. Mengapa badak Jawa? Karena badak India memiliki kemiripan fisik yang sama persis dengan badak Jawa yang merupakan satwa endemik Indonesia. Badak Jawa kini hanya bisa ditemukan di taman margasatwa Ujung Kulon dan hanya bisa dilihat menggunakan kamera pengintai. Perkiraan populasi badak Jawa sekarang kurang lebih 63 ekor. Oleh karena itu, keberadaan badak India ini akan membantu mendukung konservasi badak Jawa dan untuk meningkatkan kesadaran akan konservasi badak Jawa di Indonesia. [AI]



PROMO KULINER HARI INI

Paket Pelajar dan Mahasiswa Chicken Crush
Sekarang nongkrong di Chicken Crush makin asyik dengan promo Paket Pelajar
Paket Pelajar dan Mahasiswa Chicken Crush
Sekarang nongkrong di Chicken Crush makin asyik dengan promo Paket Pelajar

Paket Pelajar dan Mahasiswa Chicken Crush
Sekarang nongkrong di Chicken Crush makin asyik dengan promo Paket Pelajar


BACA JUGA