halomalang.com

Banyak UMK Belum Mengantongi Izin, Pemkab Malang Gencar Lakukan Sosialisasi

27-Jul-2018 [16:00]

Foto : www.radarmalang.id


Ngalamers, masih banyaknya usaha mikro dan kecil (UMK) di Kabupaten Malang yang belum mengantongi izin membuat Pemkab Malang bertindak. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop UM) Kabupaten Malang mengaku gencar melakukan sosialisasi.

”Kami dibantu kecamatan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat. Paling tidak (masyarakat) bisa tahu potensinya, jadi bisa mempercepat kerja kami juga,” kata Kepala Dinkop UM Kabupaten Malang Made Dewi Anggraeni.

Made menjelaskan, baru separo dari total 14 ribu UMK di Kabupaten Malang yang sudah mengantongi izin usaha. Padahal, jika sudah mengantongi izin, pemilik UMK bisa lebih leluasa mengembangkan usahanya. Baik dari segi pemasaran serta packaging-nya. Selain itu, pemilik UMK juga akan memiliki kekuatan hukum tetap. Sebenarnya, syarat untuk mengurus izin tersebut cukup mudah. Pelaku usaha hanya perlu melampirkan fotokopi KK, fotokopi NPWP, dan pas foto saja. Tinggal membawa syarat tersebut ke kecamatan, nanti akan dibantu petugas kecamatan dan gratis.

Made menambahkan, selama ini masyarakat beranggapan jika kepengurusan izin usaha harus menyertakan laporan keuangan. Padahal syarat tersebut sudah tidak digunakan lagi dan malah dimudahkan, dengan harapan agar semakin banyak pelaku usaha yang memiliki izin.

Ngalamers, jika sosialisasi tersebut berhasil, verifikasi data jumlah UMK di Kabupaten Malang menjadi lebih mudah dilakukan. Dari tahap tersebut, pemerintah juga bisa memetakan potensi UMK yang bisa dikembangkan, kemudian bantuan juga bisa didapatkan.

Sumber : www.radarmalang.id


Penulis: Alvin Marina (magang UMM/Ilmu Komunikasi)



BACA JUGA