Wednesday, 17 October 2018
halomalang.com

Jembatan Pantai Balekambang Ambrol Diterjang Ombak

Akibat ombak tinggi yang menerjang pesisir Pulau Jawa, jembatan penghubung Pura Amarta Jati di kawasan Pantai Balekambang ambrol.

Foto : www.malang-post.com

Ngalamers, kemarin Malang selatan terkena dampak dari ombak tinggi yang menerjang pesisir Pulau Jawa. Jembatan penghubung Pura Amarta Jati di kawasan Pantai Balekambang ambrol, dan diprediksi hari ini ombak masih tinggi.

Pantai Ngliyep juga terkena dampak meluapnya air laut ke kawasan daratan. Meskipun peristiwa ini tidak memakan korban jiwa, tetapi dua pantai tersebut menjadi kotor karena luapan air laut. “Yang paling penting dari kejadian ini, tidak ada korban jiwa. Seluruh pengunjung maupun wisatawan selamat. Untuk kerugian, akan kami hitung nanti,” kata Direktur Utama (Dirut) PD Jasa Yasa, Ahmad Faiz Wildan.

Ahmad menjelaskan bahwa sejauh ini dampak yang paling tampak jembatan rusak di Pantai Balekambang. Sebagai pengelola pantai, PD Jasa Yasa langsung membersihkan pantai yang kotor serta langsung menghitung kerugian. Ia menambahkan ombak tinggi di dua pantai tersebut terjadi pada pagi hari. Di Pantai Ngliyep sekitar pukul 06.00 WIB dan di Pantai Balekambang terjadi pukul 08.00 WIB.

Ngalamers, selama terjadi ombak tinggi, pihak pengelola sudah memasang rambu-rambu bahaya mandi di laut. Selain itu, melakukan pemantauan secara langsung dan memberi peringatan agar pengunjung dan wisatawan menjauh dari bibir pantai. Sesuai pemantauan, akibat bencana tersebut pagar jembatan ambrol, sedangkan permukaan jembatan mengalami keretakan.

Direktur Utama (Dirut) PD Jasa Yasa yang akrab disapa Gus Wil ini berkata “Alhamdulillah tidak ada kejadian kecelakaan di perarian. Saya memiliki keyakinan, selama adzan masih menggema di Pantai Balekambang, Insya Allah, Allah akan melindungi Pantai Balekambang ini.” Mengenai beredarnya video yang viral di Facebook berupa rekaman air laut di Pantai Ngliyep meluap ke permukaan, dia membenarkannya. Kejadiannya pada pagi hari, seperti di Pantai Balekambang, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Sekretaris BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setiono mengatakan “Kami terus melakukan pemantauan kondisi di sejumlah wilayah di pesisir pantai selatan. Tentunya kami berharap hari ini (kemarin) merupakan puncaknya dan ombak pada esok hari (hari ini) tidak tinggi lagi,” ia memjelaskan jika kemarin ketinggian ombak di sejumlah wilayah pesisir selatan berkisar antara 3-5 meter. Upaya juga dilakukan dengan terus berkoordinasi dengan pihak-phak terkait seperti BMKG dan PMI untuk terus memantau kondisi terkini di lapangan.

Sumber : www.malang-post.com


Penulis: Alvin Marina (magang UMM/Ilmu Komunikasi)


PROMO KULINER HARI INI

A&W Paket Hari-hari Untung
​Paket spicy aroma chicken hanya 30ribu rupiah saja.
A&W Paket Hari-hari Untung
​Paket spicy aroma chicken hanya 30ribu rupiah saja.

A&W Paket Hari-hari Untung
​Paket spicy aroma chicken hanya 30ribu rupiah saja.


BACA JUGA