halomalang.com

Obyokan Bareng, Upaya Melestarikan Kesenian Reyog di Kota Batu

Berlokasi di Balaikota Among Tani pada Sabtu (21/07/2018) malam mulai pukul 19.00 WIB sampai selesai.

Dinas Pariwisata (Disparta) dan Paguyuban Reyog Tri Manggolo Selo Aji Kota Batu segera menyelenggarakan event kesenian Obyokan Bareng. Berlokasi di Balaikota Among Tani pada Sabtu (21/07/2018) malam mulai pukul 19.00 WIB sampai selesai. Obyokan Bareng ini sebagai wujud pelestarian kesenian dan budaya daerah sekaligus hiburan bagi masyarakat Kota Batu.

Obyokan Bareng juga dimeriahkan oleh Sardulo Gadung Melati, Sapto Tunggul Wulung, Sardulo Seto, Singo Yudho, Simo Junggo Joyo, Singo Bodho Rejo, Singo Joyo Mulyo, Ujwala Roso Manunggal, Singo Rejo, Singo Ludro Bantarangin, Singo Manggolo Joyo, Singo Prono Wijoyo, dan Simo Mulyo Seto.

Seni reyog tidak boleh punah, maka paguyuban-paguyuban budaya dan seniman lokal ikut andil dalam pelestarian seni reyog ini. Sekaligus mengenalkan dan menebarkan jiwa memiliki seni reyog kepada kawula muda masa kini. Yakni dengan cara pentas seni dan pertunjukan budaya.

Kesenian Reyog berasal dari Kabupaten Ponorogo, meskipun bukan kesenian asli Kota Batu seni reyog merupakan warisan budaya nasional yang perlu dilestarikan. Selain itu, momentum ini dijadikan sebagai kegiatan yang mendukung program pariwisata Kota Batu. Tentunya bisa menggaet wisatawan untuk menikmati wisata budaya yang disuguhkan.

Penulis: Ericha Fernanda (magang UMM/Ilmu Komunikasi)



BACA JUGA