Saturday, 17 November 2018
halomalang.com

Alternatif Rekreasi Baru, Kota Malang Punya Panser Di Taman Kota

20-Aug-2018 [12:30]
PT Pindad (Persero) hibahkan sebuah kendaraan tempur ikonik untuk gagahkan taman Trunojoyo.

Monumen Panser Anoa, Foto: travel.kompas.com

Dengan harapan mendukung dan mendongkrak pamor Kota Malang sebagai destinasi wisata, PT Pindad (Persero) menghibahkan satu buah kendaraan tempur jenis Panser Anoa kepada Pemerintah Kota Malang. Panser Anoa ini menjadi alternatif rekreasi baru bagi keluarga & anak-anak, serta menjadi ikon wisata baru yang bisa Ngalamers temui di Taman Trunojoyo, Kota Malang, tepat di depan Stasiun Malang Kota Baru.

Kendaraan tempur berukuran 6x6 itu diserahkan secara simbolis pada Sabtu (18/8/2018). Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mengatakan, Panser Anoa 6x6 itu merupakan sebuah kebanggan karena diproduksi sendiri oleh perusahaan dalam negeri. "Ini merupakan kebanggaan dari bangsa Indonesia karena diproduksi di dalam negeri oleh putra-putri bangsa Indonesia yaitu PT Pindad," katanya.

Abraham berharap, Panser Anoa itu mampu menjadi ikon wisata baru di Kota Malang. "Berdirinya monumen Panser Anoa ini diharapkan akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Malang, sekaligus bisa menjadi ikon wisata," katanya, , Minggu (19/8/2018).

Panser Anoa merupakan kendaraan militer lapis baja yang dipergunakan untuk mengangkut personel atau Armoured Personnel Carrier (APC). Kendaraan tempur jenis Panser Anoa ukuran 6x6 sudah pernah dikirim untuk misi perdamaian Kontingen Garuda ke Lebanon pada tahun 2010 dengan warna khusus putih dan ditambahkan logo PBB/UN di depannya.

Selain memiliki fungsi untuk mengangkut personel, kendaraan tempur tersebut juga berfungsi untuk menahan pergerakan musuh dan memiliki kemampuan menyerang dengan tambahan radar di dalamnya. Kendaraan tempur tersebut juga dilengkapi dengan senapan mesin berat dengan kaliber 12,7 mm dan juga 7,62 mm.

Kendaraan tempur tersebut juga dilengkapi dengan senapan remote weapon system dengan kaliber 7,62 mm serta pelontar granat dengan kaliber 40 mm. Plt Walikota Malang, Sutiaji menyampaikan terimakasih atas penyerahan Panser Anoa itu. "Atas nama pemerintah Kota Malang, terus menerus memang kami akan galang kerjasama dengan semua komunitas untuk membangun soliditas salam satu jiwa," katanya.



Sumber: travel.kompas.com


BACA JUGA