Sunday, 15 September 2019
halomalang.com

Lagi, Gempa 4,4 SR Guncang Malang

11-Aug-2018 [12:00]

Foto : www.liputan6.com


Ngalamers, kemarin Jumat (10/8/2018) sekitas pukul 15.02 Gempa bumi tektonik berkekuatan 4.4 Skala Richter mengguncang wilayah Malang, Jawa Timur lagi. Tak ada laporan kerusakan maupun korban akibat guncangan gempa di Malang tersebut.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menunjukkan titik pusat gempa di Malang ada di laut, koordinat 8,82 LS dan 112,49 BT, pada kedalaman 46 km. Lokasinya berjarak 68 kilometer arah barat daya Kabupaten Malang. "Tidak berpotensi tsunami. Sampai saat ini juga belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa itu," kata Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Musripan, Jumat (10/8/2018).

Musripan menjelaskan, gempa bumi disebabkan oleh aktivitas pergerakan lempeng Indo-Australia yang menyusup di bawah lempeng Eurasia. Guncangan tersebut dirasakan oleh masyarakat di wilayah selatan Kabupaten Malang serta di Tulungagung dan Blitar.

Guncangan gempa terekam pada skala II-III Modifield Mercalli Intensity (MMI). Skala II MMI sendiri berarti guncangan dirasakan dengan benda ringan yang tergantung ikut bergoyang. Skala III MMI berarti getaran gempa terasa layaknya truk yang lewat di dekat rumah. "Sampai saat ini belum ada gempa bumi susulan. Masyarakat tetap tenang dan jangan terpengaruh informasi yang tak bertanggung jawab," tambah Musripan.

Ngalamers, gempa bumi di Malang ini adalah kesekian kalinya yang dirasakan. Sebelumnya, Rabu (8/8/2018) lalu gempa bumi tektonik berkekuatan 5.1 SR mengguncang Malang dan sekitarnya.

Sumber :www.liputan6.com


Penulis: Alvin Marina (magang UMM/Ilmu Komunikasi)



BACA JUGA