Monday, 09 December 2019
halomalang.com

Malang Miliki Islamic Center? Tunggu Saja, Masih Wacana

06-Aug-2018 [12:00]
Mega proyek Kota Malang, Islamic Center, masih belum bisa terealisasikan. Padahal dana yang disiapkan sangtalah prestisius.

Front view Islamic Center, Foto: Suryamalang

Pembangunan Islamic center (IC) kembali dianggarkan di KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran - Prioritas Plafon Anggaran Sementara) APBD Kota Malang 2019 sebesar Rp 45,24 miliar. Sementara pembangunan IC di tahun 2018 ini kembali tidak terlaksana. Sebelumnya pada tahun 2017, pembangunan fisik IC tidak terlaksana karena masih menunggu penyelesaian DED (Detail Engineering Design).

IC merupakan proyek Pemkot Malang yang bisa disebut prestisius, dilihat dari jumbonya anggaran dan dianggarkan secara tahun jamak (multi years). Tahun 2017, pembangunan fisik IC dianggarkan sekitar Rp 40 miliar namun tidak terserap karena tak terlaksana. Kemudian tahun 2018 ini kembali dianggarkan sekitar Rp 45 miliar. Namun pembangunan IC di tahun ini kembali tidak bisa dilakukan karena penyelesaian DED, dan tidak cukupnya masa lelang dan pengerjaan.

Anggota DPRD Kota Malang dari fraksi PPP-Nasdem Asia Ariani menegaskan supaya pembangunan IC bisa terlaksana tahun 2019. "Di KUA-PPAS APBD 2019 pembangunan Islamic Center dianggarkan Rp 45,24 miliar. Kami minta pembangunannya bisa dieksekusi tahun depan, dan dikerjakan sesuai dengan aspek yuridis dan sosial," tegas Ariani, Minggu (5/8/2018). Sementara itu, fraksi PDIP DPRD Kota Malang meminta pembangunan sebuah proyek direncanakan secara detil melalui DED-nya.

"Dan jika DED belum selesai, jangan proyek itu dianggarkan di APBD induk. Karena ketika tidak bisa dikerjakan malah menjadi Silpa, padahal anggaran itu bisa dipakai oleh OPD lain," tegas Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Kota Malang Hadi Susanto.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang Hadi Santoso mengatakan, pengerjaan IC tahun ini belum bisa dilakukan. "Ya tahun depan dianggarkan lagi Rp 45 miliar," kata Sony, panggilan akrab Hadi Santoso.

Dari data di LPSE Kota Malang, saat ini tahapan pembangunan IC masih di tahapan lelang DED dan jasa konsultasi AMDAL. Lelang proyek tersebut sudah selesai. Jasa konsultasi AMDAL IC memakai anggaran 2018 dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 413 juta. Berdasarkan keterangan di LPSE, lelang jasa konsultasi AMDAL itu sudah selesai. Pembangunan fisik IC akan dilaksanakan setelah DED dan AMDAL proyek tersebut selesai. (B.A)



Sumber: Suryamalang.com



BACA JUGA