Sunday, 22 September 2019
halomalang.com

Tak Henti Berproses, Perpustakaan SMPN 1 Pakis Terbaik se-Kabupaten Malang

Gelar juara ini menjadi motivasi tersendiri untuk menjadikan perpustakaan SMPN 1 menjadi lebih baik dan terus berbenah.

Foto : www.malang-post.com

Prestasi terbaik diraih SMPN 1 Pakis dalam Lomba Perpustakaan se-Kabupaten Malang. Juara satu disandangnya setelah berhasil mengalahkan lima sekolah lain di grand final, di Hotel Pelangi, (26/7) lalu. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malang menyeleksi 20 peserta lomba pada babak penyisihan.

Lomba perpustakaan tahun ini dilaksanakan dengan tiga tahap. Pertama, seleksi administrasi. Hasil dari seleksi ini diputuskan lima sekolah yang masuk tahap kedua, yakni visitasi oleh pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Malang. Terakhir, adalah presentasi dari masing-masing sekolah.

Dilansir dari malang-post.com, “Saya tidak menyangka dengan prestasi ini. Sebab tahun lalu, kami belum mampu menembus lima besar. Tapi, tahun ini kita berhasil menjadi yang terbaik. Alhamdulillah kami sangat bersyukur,” ujar Gatot Taufik Qurrohman, Kepala SMPN 1 Pakis. Gelar juara ini menjadi motivasi tersendiri untuk menjadikan perpustakaan SMPN 1 Pakis menjadi lebih baik dan terus berbenah.

Gatot menjelaskan, sebelum tahun 2017, perpustakaan SMPN 1 Pakis tidak berfungsi dengan semestinya. Maka, ketika ia ditugaskan menjadi kepala sekolah, perpustakaan mendapat perhatian lebih. Ia berkomitmen untuk membenahi perpustakaan sekolah. Sebab, perpustakaan merupakan sumber belajar para siswa.

Mantan Kepala SMPN 2 Jabung ini melaksanakan kebijakan dengan mengalokasikan 20 persen dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) yaitu sebesar Rp160 juta untuk membenahi perpustakaan sekolah dalam setahun. Dana tersebut digunakan untuk melengkapi referensi buku dan perbaikan perpustakaan.

Gatot menuturkan, perpustakaan yang berfungsi optimal akan menunjang prestasi akademis siswa. Buktinya, bisa dilihat dari peningkatan Nilai Ujian Nasional (NUN) dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2018, NUN SMPN 1 Pakis berada di ranking 9, setelah sebelumnya berada di posisi 15 seluruh SMP Negeri se-Kabupaten Malang.

Endang Sri Wulan, Kepala Perpustakaan SMPN 1 Pakis menambahkan, upaya demi memajukan perpustakaan sekolah yaitu menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Malang. Pihaknya meminta untuk menempatkan mahasiswa PKL dari Jurusan Perpustakaan di SMPN 1 Pakis. Karena dibutuhkan tenaga pegawai yang ahli dan paham terkait keperpustakaan.

Endang tak menyangka perpustakaan yang dikelolanya meraih prestasi terbaik di tingkat kabupaten tahun ini. Bahwa kerja keras dan dukungan semua pihak menjadikan perpustakaan SMPN 1 Pakis mengalami kemajuan yang pesat. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan pembenahan kembali sebagai persiapan mengikuti lomba perpustakaan tingkat provinsi.

Penulis: Ericha Fernanda (magang UMM/Ilmu Komunikasi)



BACA JUGA