Monday, 10 December 2018
halomalang.com

​Konser Emas Sylvia Saartje: Log Zhelebour 'Salut Dengan Vokal Jipi!'

17-Sep-2018 [12:13]
Bagi Jipi, lagu bukan sekadar lagu, tapi rekam jejak kehidupan yang di alami khususnya ketika di Jakarta. Dari teman kaya yang mendadak lupa, masa-masa krisis, indahnya Indonesia dan kemandirian kaum perempuan.

Sejumlah rekan seniman seperti Reny Djayusman, Ratih Sanggarwati, juga Log Zhelebour hadir di konser emas Sylvia Saartje. Sabtu, 15/09/2018. (Dok: Halomalang)

Konser emas Sylvia 'Jipi' Saartje akhir pekan 15 September 2018 kemarin, tak hanya menjadi pengingat perjalanan karir 50 tahunnya di ranah rock. Ini adalah momen spesial untuk bernyanyi di depan para sahabat, keluarga, rekan musisi, dan orang-orang yang mendukungnya selama ini.

"Usia 62 tahun, aku tahu artinya hidup itu apa. Syukur pada Tuhan, dan terima kasih untuk sahabat yang selalu mensupportku di saat apapun, terutama di saat titik terendah. Perjalanan ini membuatku tahu, mana kawan yang tulus dan mana lawan," sapa Jipi di hadapan ratusan penonton di Studio UB TV.

Ia tampak emosional ketika tahu ada belasan sahabatnya yang datang langsung dari Jakarta dan Kalimantan. Tampak di deretan bangku depan Reny Djayusman, Ratih Sanggarwati juga produser terkenal Log Zhelebour.

'Busyet', 'Manusia', 'Pulauku', 'Biarawati', 'Jakarta Blue Jeans-ku' adalah beberapa lagu yang dibawakan Jipi dengan iringan para musisi perempuan berbakat Malang Raya. Baginya, lagu bukan sekadar lagu, tapi rekam jejak kehidupan yang di alami khususnya ketika di Jakarta. Dari teman kaya yang mendadak lupa, masa-masa krisis, indahnya Indonesia dan kemandirian kaum perempuan.

"Manusia punya banyak problem, tapi kita harus tetap fokus apapun yang terjadi. Terutama kaum perempuan di manapun, kita semua punya sesuatu selain jadi ibu rumah tangga. (perubahan zaman memungkinkan) Kita bisa menjadi bos dari rumah. Semua harus mandiri dan bangkit," Jipi mengapresiasi khusus support penuh Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI) atas terselenggaranya konser.

Konser emas ini merupakan bagian dari hibah Cipta Media Ekspresi bidang seni yang didanai Ford Foundation dan dikelola Wikimedia Indonesia.

Jakarta Blue Jeans-ku menutup konser emas musisi kelahiran Arnhem Belanda yang kini menetap di Malang ini. Performa panggung dan karakter vokal yang masih terjaga di usia 62 menjadi poin yang disoroti Log Zhelebour.

"Selamat kepada Jipi, konser emas bertepatan dengan ultah ke 62. Lady rocker legend kita yang mempelopori penyanyi rock (perempuan Indonesia) di masa 70 an," kata Log usai konser.

Log mengaku kenal Sylvia sejak tahun 1970an. Dan sering bekerja sama ketika tour God Bless.

"Jipi jadi openingnya di tour God Bless, 1983 - 1986. Dulu, sulit untuk menumbuhkan seorang bintang, kan jamannya masih off-air semua. Beda dengan sekarang, banyak stasiun TV membuat acara pencarian bakat. Saya salut sama Jipi, di usianya yang sekarang ia masih menjaga kesehatan, vokalnya," pungkas Log.


BACA JUGA