Saturday, 17 November 2018
halomalang.com

Desa Bumiaji Raih Juara 3 Wisata Budaya Terbaik Se-Jatim

31-Oct-2018 [00:00]
Desa yang berlokasi di lereng pegunungan Arjuno-Welirang ini meraih juara ke-3 dalam Anugerah Wisata Jawa Timur (AWJ) Tahun 2018 dalam kategori daya tarik Wisata Budaya.

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Desa Wisata Bumiaji, Kota Batu. Baru-baru ini, desa yang berlokasi di lereng pegunungan Arjuno-Welirang ini meraih juara ke-3 dalam Anugerah Wisata Jawa Timur (AWJ) Tahun 2018 dalam kategori daya tarik Wisata Budaya. Seremonial pemberian penghargaan dilaksanakan pada hari Selasa (23/10/2018) lalu di ballroom hotel Mercure, Surabaya. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko serta Kepala Desa Bumiaji, Edy Suyanto.

Dalam kategori yang sama, peraih juara 1 adalah cagar budaya Wisata Religi Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi (Tuban). Sedangkan juara 2 diraih oleh Desa Wisata Aeng Tong-Tong (Kabupaten Sumenep). Kategori lainnya dalam AWJ 2018 yakni kategori daya tarik wisata alam yang diraih oleh Air terjun Tumpak sewu Kabupaten Lumajang, Wisata Gunung Kelud Kabupaten Kediri dan Wisata Watu Rumpuk Kabupaten Madiun.

Sedangkan untuk kategori daya tarik wisata buatan pemenangnya adalah Kampung Coklat Kabupaten Blitar, Atlantis Land Kota Surabaya dan Wisata edukasi pusat peneliti kopi & kakao park Kabupaten Jember.

Penerimaan penghargaan tentunya ini sesuai dengan visi Kota Wisata Batu, yakni Desa Berdaya Kota Berjaya.

"Desa Bumiaji mendapat juara ke 3 kategori wisata desa budaya. Saat ini Batu sebagai pemerintah Kota yang memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan kepariwisataan,” ujar Plt Kepala Dinas Pariwisata Batu, Imam Suryono.

Penghargaan ini juga diharapkan dapat menjadi semakin cepatnya penanganan potensi pariwisata desa di Kota Batu lainnya. Apalagi keberadaan desa wisata juga dapat mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Yang menjadi wisata unggulan Desa Bumiaji sendiri yakni wisata alam seperti arung jeram serta wisata petik buah (apel, jeruk, dan jambu kristal). Masyarakatnya pun masih mempertahankan konsep pertanian purbakala Kebun Sawung yang menjaga kelangsungan ekosistem dan rantai makanan alami. Untuk kulinernya, Desa Bumiaji memiliki makanan khas yang bernama Ketan Gimbal dan minuman Unjukan Panunggul.

Terdapat pula Homestay Omah Kuno milik Miftahul Munir yang telah berusia ratusan tahun-dan masih dipertahankan keasliannya hingga kini. Homestay bernuansa lawas ini sangat disukai oleh wisatawan mancanegara yang ingin merasakan tinggal di rumah ala pedesaan Kota Batu. [DP]


BACA JUGA