Saturday, 17 November 2018
halomalang.com

Peduli ABK, Rotary Club Berikan Bantuan di Yayasan Bhakti Luhur

15-Oct-2018 [15:00]
Bantuan tersebut berupa peralatan speech therapy serta pelatihan kepada petugas yang melatih anak-anak berkebutuhan khusus.


Untuk menunjukkan kepedulian mereka terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK), Rotary Club Malang Central menyerahkan bantuan kepada Yayasan Bhakti Luhur pada hari Sabtu (13/10/2018). Bantuan tersebut dirupakan peralatan speech therapy untuk menunjang proses belajar anak yang menderita gangguan pendengaran dan gangguan bicara serta pelatihan kepada petugas yang melatih anak-anak tersebut.

Yayasan Bhakti Luhur dipilih karena telah ada kerjasama sebelumnya antara Bhakti Luhur dengan Rotary Club International. Dua tahun lalu tempat ini juga telah diberikan bantuan berupa alat-alat fisioterapi dan dari situ kemudian diketahui bahwa tempat ini juga membutuhkan bantuan untuk speech therapy. Yayasan Bhakti Luhur juga merupakan salah satu tempat yang memberikan pelayanan kepada anak yang berkebutuhan khusus.

Pelatihan speech therapy diberikan kepada 36 petugas dari Yayasan Bhakti Luhur seluruh Indonesia yang pelatihannya dilakukan di Yayasan Bhakti Luhur Malang. Serta ada 2 suster yang mendapatkan pelatihan untuk mendeteksi speech problem dengan menggunakan audiometer di RSSA Malang. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dari para petugas. Karena hanya ada beberapa dari mereka yang sudah mendapatkan pelatihan sebelumnya, sedangkan sisanya belum pernah mendapatkan pelatihan apapun. Setelah training selesai maka akan ada bimbingan selama dua bulan sehingga ilmu mereka dapat diterapkan secara sempurna.

Sedangkan untuk peralatan speech therapy nya berupa audiometer untuk mendeteksi speech problem, speech trainer unit, laptop, LCD, speaker aktif, kursi khusus untuk anak yang gelisah, serta alat bantu sederhana yang bisa dibawa pulang petugas ke daerah masing-masing untuk membantu anak-anak dengan speech problem.

Pihak Bhakti Luhur sendiri mengaku sangat bahagia atas bantuan ini. "Kami sungguh-sungguh sangat senang sekali dimana Rotary Club ini sudah membantu karya kami. Karena anak yang kami bantu ini adalah anak-anak Tuhan yang sangat membutuhkan cinta dan mereka juga adalah anak bangsa yang membutuhkan pendidikan. Dan kita juga harus melihat mereka sebagai anak kandung yang membutuhkan kasih sayang," ujar Suster Risye Alma, perwakilan dari Yayasan Bhakti Luhur.

"Kami berharap dari program ini agar kanak-kanak disini dapat meraih potensi mereka sepenuhnya melalui bantuan kami dan bantuan suster-suster mereka disini," terang Dr. Shahul Hameed dari Rotary Club of Singapore.

Dana dari bantuan berjudul "Speech Therapy Training and Equipment Purchasing" ini didapatkan dari program Global Grant 1862350 yang diberikan oleh Rotary Club of Singapore dan dan Rotary International. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Rotary Club Malang Central, Singapore, Marina City, Kuching Central, Taipei, dan Batu. Selain di Yayasan Bhakti Luhur, Rotary Club juga menyerahkan bantuan program Help The Children 2018 di SDN Bunulrejo 6.


BACA JUGA