Saturday, 17 November 2018
halomalang.com

Rotary Club International Berikan Bantuan Untuk Anak Tidak Mampu di Malang Raya

16-Oct-2018 [12:00]
Help The Children merupakan program dari Rotary Club berupa pemberian bantuan bagi anak sekolah setingkat SD yang berasal dari keluarga yang tidak mampu supaya mereka tidak putus sekolah.


Setelah mengunjungi Yayasan Bhakti Luhur, Rotary Club International mengadakan peluncuran program Help The Children 2018 yang diselenggarakan pada hari Sabtu (13/10/2018) di SD Bunulrejo 6. Help The Children sendiri merupakan program dari Rotary Club berupa pemberian bantuan bagi anak sekolah setingkat SD yang berasal dari keluarga yang tidak mampu supaya mereka tidak putus sekolah.

Total anak di Malang Raya yang mendapatkan bantuan adalah sejumlah 1277 anak. Adapun bentuk bantuan yang diberikan yakni seragam sekolah, buku Lembar Kerja Siswa (LKS), sepatu, tas, tempat makan dan minum, buku tulis, serta alat tulis lengkap. Total dari bantuan yang diberikan Rotary Club ke masing-masing anak adalah sebesar 105 USD.

Di wilayah Kota Malang sendiri, ada 4 SD yang murid-muridnya diberikan bantuan. Yaitu SD Bunulrejo 6, SD Bunulrejo 3, SD Marga Bhakti, dan SD Arjosari 1. SD Bunulrejo 6 sendiri dipilih karena memang belum pernah dikunjungi oleh para donatur yang ingin melihat langsung kondisi sekolahnya.

Untuk pemilihan muridnya, Rotary Club bekerjasama Dinas Pendidikan Kota Malang. Disdik Kota Malang mereferensikan sekolah mana saja yang memiliki siswa dari keluarga yang kurang mampu yang paling banyak. Kemudian Rotary Club akan meminta data dari siswa kurang mampu tersebut ke masing-masing sekolah.

Program Help The Children ini sudah memasuki tahun ke-4, dan khusus untuk tahun ini merupakan join project yang bekerjasama dengan Rotary Club Malang Central, Singapore, Marina City, Kuching Central, Taipei, dan Batu.

"Harapan kami dengan adanya Help The Children ini agar anak-anak semakin giat belajar dan tidak ada yang putus sekolah. Dan semoga tahun depan semakin banyak donatur yang membantu kami sehingga kami bisa lebih banyak lagi membantu anak-anak terutama yang berada di pinggiran Kabupaten," terang Ibu Yenni selaku project officer.

Pihak sekolah pun mengaku sangat senang akan bantuan ini. "Kami dari SD Bunulrejo 6 dan sekolah lain yang mendapatkan bantuan sangat senang sekali karena bisa bertemu langsung dengan Rotary Club International. Mudah-mudahan dengan hadirnya Rotary Club International ini bisa memberikan semangat ke anak-anak, belajarnya, kedisiplinannya, dan terbangun karakter yang baik menjadi generasi yang lebih bagus. Kami juga berharap agar kedepannya terus terjalin komunikasi yang baik supaya Rotary Club tetap memberikan kepercayaan kepada sekolah kami," ujar Imam Mukholis selaku Kepala Sekolah SD Bunulrejo 6 Malang.

Penyandang dana utama dari program Help The Children 2018 ini adalah IshK Tolaram Foundation yang berkolaborasi dengan Rotary Club. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Rotary Club Malang Central, Singapore, Marina City, Kuching Central, Taipei, dan Batu.


BACA JUGA