halomalang.com

MPM Implementasikan SMK Kurikulum TBSM Astra Honda Pertama Kali di Nusa Tenggara Timur

31-Dec-2018 [12:00]
Hal tersebut ditandai dengan implementasi Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda pertama kali di Provinsi NTT.

PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor Honda wilayah Jawa timur (Jatim) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) memperluas kontribusinya bagi pengembangan pendidikan vokasi industri ke Indonesia Timur. Hal ini ditandai dengan implementasi Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda pertama kali di Provinsi NTT. Sekolah tersebut adalah SMK Negeri 2 Kupang, NTT.

Implementasi Kurikulum TBSM Astra Honda diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman antara MPM, SMK Negeri 2 Kupang yang disaksikan oleh jajaran pejabat di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT. Acara ini berlangsung di kantor Dinas Pendidikan Provinsi NTT pada Rabu (05/12/2018). Dengan penambahan 1 SMK binaan di NTT ini, saat ini MPM telah memiliki 93 SMK binaan di wilayah MPM yang telah mengimplementasikan Kurikulum TBSM Astra Honda.

Dengan penandatangan nota kesepahaman ini membantu pengembangan dunia pendidikan di Indonesia khususnya di wilayah NTT sekaligus memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang perawatan sepeda motor Honda yang setiap tahun kian meningkat. Selain di SMK Negeri 2 Kupang NTT, penandatanganan kesepakatan juga dilakukan di SMKN 1 Badegan Ponorogo pada tanggal 15 Desember 2018.

Naim Muhdori, selaku Technical Service Development Dept Head MPM, mengatakan, "Dengan penambahan SMK dengan kurikulum TBSM Honda di wilayah NTT ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa sehingga dapat bersaing di dunia kerja terutama di bidang otomotif".

Bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sejak 2010 AHM mengembangkan kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda. Seiring perkembangan kebutuhan terhadap alumni SMK yang cerdas dan mampu berkontribusi signifikan terhadap kemajuan perekonomian masyarakat, AHM kini mulai memperluas fokus pembinaan generasi muda SMK tidak hanya ahli di bidang teknik otomotif sepeda motor, namun juga pandai berwirausaha. Hal ini diwujudkan melalui perubahan program pembinaan yang kini menjadi Kurikulum TBSM Astra Honda.

Melalui Kurikulum TBSM Astra Honda, AHM bersama jaringan main dealer seluruh Indonesia melakukan berbagai pelatihan secara intensif dengan materi yang selalu diperbaharui sesuai perkembangan teknologi dan tren usaha terkini. Para siswa SMK yang mengikuti program ini ditempa dengan materi-materi yang terintegrasi untuk mengasah kompetensi teknik maupun non teknik.

Pengembangan kurikulum ini diharapkan dapat menghasilkan standardisasi kompetensi guru dan siswa SMK berdasarkan penguasaan terhadap teknologi terkini sepeda motor. Kurikulum TBSM Astra Honda dikembangkan secara sistematis dan terstruktur, baik dari sisi kurikulum, peningkatan kompetensi para pengajar, hingga standardisasi kompetensi para siswa.