Saturday, 21 September 2019
halomalang.com

3 Dekade Lippo Malls, Matos Hadirkan Esotika Budaya Jawa Timur

16-Mar-2019 [12:00]
Selain pameran juga digelar kompetisi menarik dengan balutan budaya daerah yaitu lomba fashion busana batik, lomba tari tradisional, lomba mewarnai topeng, dan lomba karya vlog bertemakan budaya khas daerah.

Malang Town Square (Matos) sebagai salah satu mall milik Lippo Malls Indonesia, turut menyemarakan ulang tahun Lippo Malls Indonesia yang di gelar selama bulan Maret 2019. Acara yang digelar di lantai 1 Matos, guna menyelaraskan konsep global dan Lippo Malls Indonesia, yaitu "The Rise of Lost Indonesia Treasure". Matos sendiri mengangkat tema 'Eksotika Budaya Jawa Timur', dengan menampilkan berbagai macam hiburan daerah dengan eksotika budaya Jawa Timur (Jatim), seperti pameran kuliner tradisional, pameran kerajinan dan seni budaya, dan pameran keragaman alat musik daerah.

Selain pameran juga digelar kompetisi menarik dengan balutan budaya daerah yaitu lomba fashion busana batik, lomba tari tradisional, lomba mewarnai topeng, dan lomba karya vlog bertemakan budaya khas daerah. Pada perayaan kali ini, Matos bekerjasama dengan UMKM, Dinas Koperasi Kota Malang, Dinas Kebudayaan Kota Malang, Yayasan Inggil, dan Museum Musik Indonesia untuk menggelar bazar kerajinan UMKM dan festival kuliner tradisi Jatim.

Gelaran Eksotika Jatim dibuka secara resmi oleh Walikota Malang pada Jumat kemarin (15/03/2019) Ngalamers, dan akan digelar mulai tanggal 15 hingga 24 Maret 2019. Dimulai dengan bazar Matos Culture dan Food Festival yang diadakan selama tiga hari pada akhir pekan setiap minggu di Hall Matos lantai 1. 17 Maret 2019 akan digelar lomba fashon busana batik yang terbagi dalam tiga kategori, dengan biaya pendaftaran Rp 100.000,-. Tanggal 23 Maret 2019 akan digelar lomba tari kreasi tradisional, tanggal 24 Maret 2019 lomba mewarnai topeng dengan biaya pendaftaran Rp 35.000,- dan lomba vlog bertemakan budaya khas daerah.

Sasmitha Rahayu, selaku Marketing Communication Manager Matos, mengungkapkan, "Tema Eksotika Budaya Jatim ini menyisipkan maksud untuk melestarikan budaya daerah Jatim yang sudah hampir punah. Budaya daerah mulai dari musik tradisional, kuliner tradisional, kesenian panggung, dan batik yang hampir tenggelam akan di munculkan kembali, agar generasi muda dapat menggaungkan budayanya hingga keturunannya nanti. Sebagai contoh lomba mewarnai topeng yang sebenarnya karakter topeng malangan adalah budaya khas kota Malang. Ini juga mencerminkan ajakan agar kaum milenial tahu dan tidak melupakan budaya daerahnya".

Tentang Matos
Matos merupakan pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jalan Veteran No. 2 Malang, dengan luas sekitar 78.212 meter persegi, dan terdiri dari 4 lantai. Dengan konsep 'One Stop Shopping Center', Matos memiliki anchor tenant yaitu Matahari Departement Store, Hypermart, Cinemaxx, Gramedia dan Timezone. Matos memiliki lokasi yang strategis dengan dikelilingi oleh universitas besar dan pusat pendidikan, pusat bisnis, perkantoran serta memiliki outlet lengkap lebih dari 400 outlet.

Tentang Lippo Malls Indonesia
Lippo Malls Indonesia (LMI) nerupakan pengembang dan operator mal terbesar di Indonesia yang memiliki dan mengelola lebih dari 70 mal yang tersebar di 35 kota di seluruh Indonesia. Saat ini, LMI mengelola lebih dari 3 juta meter persegi gross area dan memilki lebih dari 13.000 tenant di seluruh mal-nya. Mal-mal tersebar di Jabodetabek, Bandung, Jatim, Jateng, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Indonesia bagian Timur seperti Makassar, Manado, Bali dan Kupang. LMI akan menambah jumlah mal yang dikelolanya hingga mencapai 100 mal dengan jangkuan 40 kota/kabupaten di Indonesia yang meliputi pembangunan mal baru di kota-kota Indonesia. Saat ini LMI juga tengah mempersiapkan berbagai proyek di berbagai kota di Indonesia Barat, antara lain: Semarang, Medan, Padang, Bandung, Tangerang dan juga Cikarang.















BACA JUGA