Tuesday, 19 November 2019
halomalang.com

5 Tips Membuat Foto Keren Pakai Kamera Smartphone

20-May-2019 [00:00]
Foto yang keren juga bisa dihasilkan dari kamera smartphone asalkan kamu mengetahui tips dan triknya.

Siapa bilang foto bagus hanya bisa dihasilkan dari kamera mirrorless atau DSLR saja? Faktanya, kamu bisa juga bisa, kok, membuat foto keren hanya dengan bermodalkan kamera smartphone. Kalau kamu tahu triknya pasti kamu bisa menghasilkan foto yang sebagus kualitas foto mirrorless. Tak percaya? Sebenarnya, ada beberapa fitur kamera pada smartphone yang bisa kamu maksimalkan untuk mengambil gambar. Fitur tersebut nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu saat memotret objek. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Pastikan lensa bersih

Mungkin terdengar sepele tapi hal ini ternyata sangat memengaruhi hasil foto jepretan kamu, loh. Pasalnya, lensa yang kotor atau berdebu akan menghasilkan foto yang buram dan berkabut. Sebelum mulai mengambil gambar, bersihkan dulu lensa kamera pada smartphone kamu. Cara bersihkannya pun tak perlu pakai kain khusus karena kamu bisa menggunakan kain baju yang kamu kenakan untuk membersihkannya.

2. Temukan leading lines

Tips selanjutnya untuk menghasilkan foto keren pakai kamera smartphone adalah dengan memahami fitur leading lines. Leading lines sendiri adalah elemen garis-garis imajiner dalam foto yang mengarahkan mata pada objek utama atau objek lain di dalam foto. Banyak hal yang bisa menjadi sebuah leading lines di antaranya jalanan, garis pantai, atau struktur geometris yang kamu temukan saat berwisata.

Jika kita bisa menggabungkan leading lines ini dengan objek utama foto, foto yang kita hasilkan pun akan menjadi lebih kuat. Namun, dibutuhkan pengalaman untuk menyadari adanya peluang komposisi ini.

3. Foto objek dari angle yang berbeda

Saat mengambil foto, cobalah untuk memotret dari setiap angle yang berbeda. Jangan hanya terpaku pada satu sudut saja karena kamu bisa mengeksplor berbagai angle untuk menonjolkan sisi lain dari objek yang kamu ambil. Kalau objeknya cukup jauh, sebaiknya dekati objek tersebut dan hindari menggunakan fitur zoom.

Menggunakan fitur ini saat memotret bisa membuat hasil foto menjadi pecah. Selain itu, zooming lewat smartphone juga rentan terhadap efek goncangan. Akibatnya, foto yang kamu hasilkan pun menjadi blur. Jika tetap ingin menggunakan fitur zoom, pastikan kalau objek yang akan kamu potret jaraknya cukup dekat denganmu dan merupakan objek statis atau diam.

4. Manfaatkan mode HDR

Di dalam smartphone biasanya sudah disediakan mode High Dynamic Range atau HDR untuk mempertajam kualitas gambar. Fitur ini bisa kamu gunakan ketika situasi cahaya kontras sangat tinggi. Itu artinya, kamu dapat memaksimalkan penggunaan mode HDR ketika berwisata ke tempat-tempat bernuansa alam seperti gunung, pantai, dan lain sebagainya.

Menggunakan mode HDR perlu kehati-hatian yang sangat tinggi. Jika ada yang bergerak antara saat memotret menggunakan HDR, gambar akan menjadi blur. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa foto yang dijepret menggunakan mode HDR perlu waktu yang lebih lama untuk diproses.

5. Edit foto dengan aplikasi tambahan

Setiap foto yang kamu hasilkan pasti ingin diunggah ke media sosial, kan? Nah, supaya foto yang kamu hasilkan terlihat lebih ‘hidup’ dan indah, gunakan aplikasi foto gratis yang tersedia di PlayStore atau AppStore. Sebelum mulai mengedit foto, pastikan dulu pulsa kamu cukup, ya. Kalau pun ternyata habis, kamu bisa beli pulsa smartfren dulu untuk kemudian diisi dengan paket data internet.

Kembali lagi ke aplikasi edit foto, beberapa aplikasi edit foto seperti Lightroom, VSCO Camera, dan Snapseed akan membuat foto kamu makin keren layaknya foto jepretan travel blogger. Dengan memanfaatkan pengaturan keseimbangan kontras dan cahaya pada aplikasi edit foto tersebut dijamin hasil foto yang kamu hasilkan bakal mendapat banyak likes dari followers kamu.

Itulah tips menghasilkan foto keren pakai kamera smartphone. Di awal percobaan mungkin masih agak sulit tapi semakin sering kamu mencobanya pasti semakin bagus hasilnya. Selamat mencoba!



BACA JUGA